Cara Menghilangkan dan Mencegah Jerawat Pada Kulit Wajah

Cara menghilangkan jerawat - Jerawat adalah sebuah penyakit atau kelainan kulit wajah yang sangat lazim menimpa wajah, khususnya untuk orang yang berdomisili di wilayah dengan iklim tropis seperti di indonesia.

Sebenarnya munculnya jerawat ini sangat lazim untuk remaja yang dapam masa pubertas, atau bagi mereka yang mempunyai kulit wajah berminyak. Namun, jika jerawat yang tumbuh ini terlalu banyak dan terus menerus, maka pastinya akan mengganggu penampilan anda.


Nah, berikut ini ada sedikit tips, cara mencegah jerawat pada kulit wajah secara alami.

1.  Selalu bersihkan kulit wajah sebelum tidur

Kulit wajah akan mengalami aktifitas pada saat kita tidur, yaitu mengikuti proses metabolisme tubuh dimana sari makanan akan diangkut ke seluruh tubuh. Apabila wajah anda kotor pada saat terlelap, ini akan membuat proses peremajaan kulit terganggu dan menimbulkan jerawat. Karena itu usahakan untuk mencuci wajah sebelum tidur dengan sabun yang PHnya cocok untuk kulit anda.

Satu hal yang perlu diingat setelah membersihkan wajah ialah mengeringkannya dengan handuk, karena bakteri yang memicu berbagi penyakit kulit sangat suka tumbuh pada tempat yang lembab.

2. Memakai kosmetik yang tepat

Kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit anda juga dapat memicu timbulnya jerawat. Jika kulit anda berminyak, pakailah kosmetik khusus kulit berminyak, sebaliknya kika kulit anda kering pakailah kosmetik untuk kulit kering. Salah memakai kosmetik biasanya akan membuat kulit lembab dan penyumbatan pori pori sehingga memicu jerawat.

Selain itu, penying juga untuk memperhatikan agar memaki kosmetik yang berbahan dasar air, dan tidak banyak mengandung lemak. Kosmetik semacam ini sudah banyak beredar sebagai repon terhadap senditifnya kulit wajah terhadap jerawat.

3. Istirahat yang cukup dan atur pola makan

Istirahat merupakan salah satu elemen penting untuk kesehatan kulit. Kurangnnya istirahat dapat membuat tubuh stress dan memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu disarankan agar anda meluangkan waktu untuk bersantai dan menambah jam tidur jikalau kurang. Tidur yang cukup dan lelap juga akan membuat pembuangan zat toksin dan racun lebih baik sehingga kecilnya kemungkinan jerawat tumbuh di wajah anda.

Menjaga pola makan juga sangat perlu untuk perawatan kulit wajah. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Selain itu cukupkan asupan air putih untuk tubuh anda agar metabolisme tubuh jadi lebih baik.

Nah, sekian dulu postingan kali ini, silagkan baca juga artikel cara menghilangkan komedo apabila diperlukan.

Artikel terkait :

Manfaat buah sirsak
cara meninggikan badan
cara mengecilkan perut buncit
cara memutihkan kulit
cara mengobati sakit gigi
cara menurunkan berat badan

Cara Menghilangkan dan Mencegah Jerawat Pada Kulit Wajah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown